Friday, June 7, 2013

Peugeot 406 D9 dan Peugeot 406 D8

Entah kenapa, secara fisik gw lebih seneng liat tampilan Peugeot 406 D8 (Mark 1 atau MK1) ketimbang kakaknya Peugeot 406 D9 (Phase 2 atau Facelift). Peugeot 406 D9 jelas lebih modern dengan balutan headlight model diamond cut ketimbang adiknya yang masih model lampu lama.


Belum lagi garis chrome di list-nya bikin Peugeot 406 D9 ini tambah cantik tampilannya. Tapi entah kenapa (mungkin karena gw jadulers kali yee) gw lebih seneng mobil dengan garis-garis tegas dan kaku.
Salah satu alesan gw cinte ma Pug (seri-seri x06) salah satunya ya ini. Pug lain dari seri x05 juga cantik-cantik dan gw suka, tapi seri x07 mungkin mulai agak lengkung-lengkung kurang gw suka.

Memang belakangan mobil-mobil baru cenderung tidak bersiku kali ya? Entah faktor aerodinamis atau apa ya gw ga peduli. Gw kan bukan sembalap yg perlu coeffisien-drag, gw pikir. (nyari pembenaran, haha).

Dipikir-pikir, jadi kita seneng mobil itu ya tergantung produsen ya? Kalo semua produsen mobil ngeluarin modelnya melengkung-lengkung, yang suka garis yang lebih tegas mau ga mau kudu milih model yang tersedia.


Atau, justru memilih mobil-mobil lawas kayak gw. (ini ngeles versi dua, alias nggak kuat beli yang baru! Wakakak!)

Back to Peugeot 406. Gw termasuk puas dengan performa D9. Bentuknya pun wuagusss.. Tapiiiiii... Kalo di compare sama D8, gw lebih suka bentuknya D8. Terutama karena grill dan ekor bebeknya lebih seksi.

Ekor bebek (duck tail? bener ga sih itu namanya) di Peugeot 406 D8 lebih cekung ketimbang seri D9. Mungkin masuk akal karena saat itu model-model ducktail BMW atau Honda juga begitu.


Grill Peugeot 406 D9 lebih modern dan menyatu dengan lampu diamond cut-nya. Tapi kap mesinnya jadi sedikit melengkung depannya. Kurang tegas buat gw. Selain itu, duck tail-nya agak cembung keluar dibandingkan dengan D8 yang cekung kedalam.

Itu doang sih, yang kalau dari body, jelas-jelas keliatan. Tentunya kalau ditilik lebih jauh lagi akan terlihat jenis lampu depan dan lampu belakang yang berbeda, bumper yang sedikit (hanya sedikit berbeda), list body yang di D8 hitam polos dan di D9 ada aksen garis chrome dan kaca spion serta penempatan lampu sein samping (side repeater) yang berbeda.

So kalo dirangkum, perbedaannya secara fisik adalah sbb:
  1. Lampu depan (headlight) D9 diamond cut, D8 masih lampu biasa.
  2. Lampu belakang (tail light) D9 didominasi warna merah sedangkan di D8 warna putih merah.
  3. Bumper depan berbeda di radiator grill, bumper belakang nyaris sama (kecuali fitting bagian atas yang nempel ke bagian lampu).
  4. Garis panel body di D8 hitam polos dan di D9 ada garis chrome.
  5. Grill depan D8 modelnya seperti garis sejajar dan D9 model jaring.
  6. Spion D9 agak gendut, dan D9 agak ramping.
  7. Lampu sein samping (side repeater) D9 nempel di body agak keatas, sedangkan D8 nempel sejajar di garis panel body.
  8. err, apa lagi ya?
Yang gw baru tau, ternyata body dan lain-lainnya sama persis. Jadi, kalau mau tuker-tukeran bagian body mobil seperti bumper, dll, bisa langsung plug-and-play.

Jadi, diluar urusan mesin dan interior, mungkin disitu aja perbedaan fisik antara Peugeot 406 D8 dan Peugeot 406 D9.


No comments:

Post a Comment